Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2496
Title: Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Gajah Mada
Authors: Astuti, Vera
Keywords: Motivasi;Kemandirian dan hasil belajar
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA Gajah Mada melihat kondisi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Gajah Mada kelas XI yang berjumlah 40 orang. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumen sebagai alat yang digunakan untuk pengambilan data di tengah lapangan. Berdasarkan analisis data diketahui hasil belajar siswa Akuntansi SMA Gajah Mada adalah 85,45 dan standar deviasinya 9,618, dimana peneliti akan melihat hubunganantar variabel yang diteliti. Dari pengujian Hipotesis variabel X1 terhadap variabel Y menggunakan rumus regresi, dalam hal ini peneliti menggunakan SPSS versi 18 diperoleh nilai t sebesar -0,933 (Lihat Lampiran) lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Dan hal itu sejalan dengan taraf signifikansi diperoleh 0,357 lebih besar dari pada 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah Mada. Hipotesis variabel X2 terhadap variabel Y menggunakan rumus korelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 18 diperoleh nilai t sebesar -0,951 (Lihat lampiran SPSS versi 18) lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Dan sejalan dengan taraf signifikansi yg diperoleh sebesar 0,348 lebih besar dari pada 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah mada. Hipotesis variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan aplikasi SPSS versi 18, diperoleh nilai t hitng motivasi sebesar -0,729 dan t hitung kemandirian sebesar -0,751 (Lihat Laampiran SPSS versi 18) keduanya lebih kecil dari pada t tabel yaitu 4,10. Hal tersebut sejalan dengan nilai signifikansi motivasi sebesar 0,471 dan nilai signifikansi kemandirian sebesar 0,457 (Lihat lampiran SPSS versi 18) keduanya lebih besar dari pada 0,05. Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kemandirian tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Gajah Mada.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2496
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Gajah Mada.pdf248.42 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.