Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24929
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURDIYAH-
dc.date.accessioned2024-08-29T06:14:58Z-
dc.date.available2024-08-29T06:14:58Z-
dc.date.issued2024-07-31-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24929-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar lokal berbasis kearifan lokal langkat pada pembelajaran IPAS kelas IV siswa SDN 056002 Lr.Ibadah. Penelitian ini dilatar belakangi guru masih menggunakan bahan ajar yang bermodalkan buku siswa atau buku mata pelajaran, kurangnya pemahaman siswa tehadap kebudayaan langkat, keterbatasan kurangnya inovasi pengembangan bahan ajar di sekolah dan minimnya bahan ajar lokal berbasis budaya langkat pada sekolah dasar. Dalam pembelajaran IPAS guru tidak ada mengaitkan pembelajaran kebudayaan langkat, maka dikembangakan bahan ajar berbasis kearifan lokal langkat sebagai pendamping buku guru dan buku siswa Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal langkat bertujuan untuk menambah kearagaman bahan ajar di dalam pembelajaran dan agar menambah pengetahuan siswa terhadap kebudayaan daerah Langkat. Pada penelitian ini, peneliti memilih menggunakan model Thiagarajan. Model ini terdiri dari Define, Design, Develop. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yang berjumlah 22 orang siswa kelas IV SDN 056002 Lr. Ibadah Desa Banyumas Kec. Stabat Kab.Langkat, Sumatera Utara. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk 3 ahli dan angket kepraktisan untuk peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata 94,33%. Kategori layak digunakan berdasarkan validator materi, nilai 94%, kategori layak dugunkan berdasarkan validator desain bahan ajar dan nilai 98%, kategori layak digunakan, berdasarkan validator bahasa nilai 91%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahan ajar layak digunakan berdasarkan niai yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan dan respoin pendidik dengan nilai rata-rata 98,04% kategori layak digunakan.en_US
dc.subjectPengembangan Bahan ajaren_US
dc.subjectBerbasis Kearifan Lokalen_US
dc.subjectLangkaten_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS IV SDN 056002 LR IBADAH DESA BANYUMAS KABUPATEN LANGKATen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL_NURDIYAH ok.pdf7.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.