Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24900
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSyari, Novita-
dc.date.accessioned2024-08-13T08:20:39Z-
dc.date.available2024-08-13T08:20:39Z-
dc.date.issued2024-07-31-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24900-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh minat belajar siswa yang rendah, siswa mengangap pelajaran matematika sulit dan membosankan. Dengan demikian dibutuhkan pendekatan pebelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, baik secara fisik, emosi, dan sosial, salah satunya dengan permainan tradisional engklek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Permainan Tradisional Engklek efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Tanjung Medan. Adapun kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas 𝑉𝐼𝐼𝐴 SMP Negeri 6 Tanjung Medan sebanyak 63 siswa. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil belajar matematika, analisis aktivitas siswa, analisis respon siswa, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis efektifitas media pembelajaran dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menujukkan Permainan Tradisional Engklek efektif dalam menaingkatkan hasil belajar matematika pada siswa dengan gain = 71% bermakna efektifitas dalam kategori tinggi. Hasil persentase aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika melalui Permainan Tradisional Engklek yang telah diamati secra kesseluruhan dikategorikan aktif hal ditunjukkan dengan perolehan rata-rata persentase aktivitas siswa sebanyak 84% yang aktif dalam pembelajaran matematika. Kemudian hasil persentasi respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika melalui Permainan Tradisional Engklek adalah 96% hal ini tergolong respon positif sebagaimana standar yang telah ditentukan yaitu lebih dari 70%. Dan hasil dari keterlaksanaan pembelajaran matematika melalui Permainan Tradisional Engklek berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 3,84 dari skor idealnya adalah 4,00.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPermainan Tradisionalen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP N 6 Tanjung Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NOVITA SYARI 2002030055P.pdf6.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.