Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24867
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorISKANDAR BARUS, WAHID-
dc.date.accessioned2024-07-23T03:26:46Z-
dc.date.available2024-07-23T03:26:46Z-
dc.date.issued2024-07-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24867-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara (1) Penguatan Profil Pelajar Pancasila dari Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara (2) Peran guru dari Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara (3). Metode penelitian dengan menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS Al-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara diawali dari Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KSOP), Intra Kurikuler, Ekstrakurikuler, dan Program Tambahan. Terdapat beberapa perubahan kebijakan dari implementasi kurikulum merdeka yaitu: USBN diganti dengan Asasmen, Ujian Nasional (UN) diganti dengan Asasmen Kompetensi Minimum (AKM), Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan efektif, efisien, dan berpusat pada siswa, PPDB berbasis Zonasi dan Fleksibelitas dana BOS. (2) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mempunyai tahapan yang dimulai dari tahap perencanaan porsi waktu dan aspek yang akan dipilih dalam profil siswa Pancasila, tahap pembentukan kelompok atau pejabat fasilitator, tahap pembedaan status sekolah, tahap penentuan mata pelajaran umum, tahap penentuan poin-poin luar biasa dan eksplisit, serta tahap perencanaan modul tugas. (3) Peran guru di MAS Al-Wasliyah Desa Pakam dalam meningkatkan pembelajaran dimulai dari menyusun perencanaan pembelajaran, mendesain strategi pembelajaran, mengikuti pelatihan Platforn Merdeka Mengajar (PMM), Proyek Profil Pelajar Pancasila, dan Menentukan Asasmen Pembelajaran.en_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.titleEFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MAS AL WASHLIYAH DESA PAKAM KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS WAHID ISKANDAR BARUS 2020060067.pdf1.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.