Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24844
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIKKA, NURSABANA-
dc.date.accessioned2024-07-15T04:05:34Z-
dc.date.available2024-07-15T04:05:34Z-
dc.date.issued2024-05-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24844-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model scramble pada mata pelajaran IPS. Jenisl penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Budi Mulia yang terdiri 24 siswa. Pengumpulanl data penelitianl ini adalahl lembar lobservasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa keaktifan siswa mendapatkan nilai tertinggi 20,8% (5 siswa), nilai sedang 37,5% (9 siswa) dan nilai terendah 41,7% (10 siswa) dengan ketuntasan 58,33% (14 siswa) diperoleh rata-rata 59,83 sedangkan pada siklus II hasil keaktifan siswa mendapatkan nilai tertinggi 62,5% (15 siswa) dan nilai sedang 37,5% (9 siswa) dengan ketuntasan 100% (24 siswa) diperoleh rata-rata 77,03. Sehingga mengalami peningkatan diperoleh persentase sebesar 41,67% (10 siswa). Maka dapatl disimpulkan bahwal penerapan modell scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas Vl SD Budi Mulia.en_US
dc.subjectModel Scrambleen_US
dc.subjectKeaktifan Belajar Siswaen_US
dc.subjectIPSen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD BUDI MULIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IKKA NURSABANA.pdfFull Text2.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.