Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24834
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFARIDA, RAULINA SIMANJUNTAK-
dc.date.accessioned2024-07-15T02:01:41Z-
dc.date.available2024-07-15T02:01:41Z-
dc.date.issued2024-04-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24834-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SD Negeri 094177 Marihat Mayang dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Interaksi sosial dan lingkungan melalui model pembelajaran Probleam Besed Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 094177 Marihat Mayang yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes, 2) observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata kelas dan data deskriptif. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 094177 Marihat Mayang. Diketahui pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata- rata 50% dan ketuntasan pengamatan 35% dengan kategori kurang dan masih belum mencapai indikator yang diharapkan, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata- rata 85% dan ketuntasan pengamatan 80% dengan kategori sangat baik. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa sudah meningkat dan berhasil.en_US
dc.subjectModel PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 094177 MARIHAT MAYANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_FARIDA RAULINA SIMANJUNTAK.pdfFull Text2.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.