Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24823
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSitinjak, Irandi-
dc.date.accessioned2024-07-13T10:05:06Z-
dc.date.available2024-07-13T10:05:06Z-
dc.date.issued2024-05-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24823-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 11 Medan yang berjumlah 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik perhitungan analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan model Project Based Learning. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 26 siswa yang aktif dengan klasikal 69% sedangkan terdapat sebanyak 9 siswa dengan klasikal 74% yang masih kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 31 siswa yang aktif dengan klasikal 89% dan terdapat sebanyak 4 siswa yang kurang aktif dengan klasikal 11%. Karena secara klasikal telah mencapai 89% siswa yang aktif maka penelitian ini dikatakan berhasil.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Project Based Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.titlePenerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 11 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IRANDI SITINJAK.pdf3.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.