Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2477
Title: Analisis Kemampuan Belajar Siswa Akuntansi Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK BM Budisatrya Medan
Authors: Audina, Wina
Keywords: Model Pembelajaran Number Head Together;Media Flash Card
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada SMK BM Budisatrya Medan ?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 setelah diterapkan Model Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Media Flash Card di SMK BM Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi 2 SMK BM Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang keseluruhnya berjumlah 32 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Media Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes untuk melihat hasil belajar siswa, serta lembar observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan. Pada tes awal terdapat 46,87% dengan nilai rata-rata 68,56 pada siklus I terdapat 43,75% dengan nilai rata-rata 68,12 sedangkan pada siklus II terdapat 93,75%dengan nilai rata-rata 92,66. Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dalam proses belajar mengajar pada Kompetensi Bukti Transaksi. Berdasarkan hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi seswa kelas X Akuntansi 2 SMK BM Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2477
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.