Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24731
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Elza Maharani-
dc.date.accessioned2024-07-11T11:37:44Z-
dc.date.available2024-07-11T11:37:44Z-
dc.date.issued2024-03-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24731-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap Pengembangan Modul Matematika Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada pokok bahasan Persamaan dan fungsi eksponensial. Pada sekelompok kecil siswa kelas X SMKS Budi Agung Medan. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok kecil dari siswa kelas X SMKS Budi Agung Medan yang berjumlah 20 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa modul dengan pendekatan open ended pada pokok bahasan persamaan dan fungsi eksponensial. Model pengembangan modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang meliputi Pendefisian (Define), perencanaam (Design), pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) karna modul tidak melakukan penyebaran (Disseminate). Modul yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasar penilaian validator yang ditunjukkan dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil valaidasi ahli media mencapai rata-rata 3,4 dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,6 dengan kategori sangat valid. Aspek kepraktisan dinilai berdasarkan hasil penelitian siswa memenuhi kriteria sangat baik, dan aspek keefektifan untuk meningkatkan pemahaman konsep dinilai berdasarkan nilai pretest dan postest hasil belajar siswa yang diperoleh nilai gain 0,79 dengan presentase peningkatan 79% yang memenuhi krieria keefektifan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectModulen_US
dc.subjectMeningkatkan Pemahaman Konsepen_US
dc.subjectPersamaanen_US
dc.subjectFungsi Eksponensialen_US
dc.titlePengembangan Modul Matematika Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas X di SMKS Budi Agung Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Elza.pdf6.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.