Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24730
Title: Pengembangan Video Animasi Lagu Tradisional Berbasis Powtoon Kelas III SD Muhammadiyah 09 Medan’
Authors: KAMILA, CAHYA
Keywords: Video Animasi;Lagu Tradisional;Powtoon
Issue Date: 9-Jan-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi lagu tradisional berbasis powtoon di kelas III SD Muhammadiyah 09 Medan, mengetahui kevalidan media serta kepraktisan yang diperoleh dari respon guru dan peserta didik dengan adanya media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Delopment (R&D) atau penelitian dan pengembangan menurut model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilalui dalam penelitian, antara lain: Potensi masalah, Pengumpulan data, Desain Produk Video Animasi, Validasi desain, validasi animasi, Revisi Desain video animasi, uji coba produk. Produk yang dhasilkan dari penelitian ini adalah video animasi lagu tradisional berbasis powtoon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi lagu tradisional berbasis powtoon yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall ditanyakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran berdasarkan penelitian, antara lain: a) Validator ahli materi memperoleh presentasi 92,86% dengan kategori “sangat valid”, b) Validator ahli media memperoleh presentasi 96,66% dengan kategori “sangat valid”, c) Validator ahli bahasa memperoleh presentasi 96% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian kepraktisan media video animasi berbasis powtoon dari guru memperoleh presentasi 88% dengan kategori “sangat praktis”, serta respon media video animasi kepada siswa yang didapat dari uji coba kelompok besar memperoleh presentasi 81,10% dengan kategori “sangat praktis”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24730
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LENGKAP_CAHYA_PERBAIKAN SIDANG(2).pdf2.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.