Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24720
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.author-, EMINASWITA-
dc.date.accessioned2024-07-11T08:00:40Z-
dc.date.available2024-07-11T08:00:40Z-
dc.date.issued2023-12-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24720-
dc.description.abstractKedisiplinan diri siswa menjadi salah satu indikator penting bagi siswa yang ingin sukses dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Negeri 106443 Sei Baharu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas V-B sebagai kelas control berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas lembar observasi para hali, syarat pengujian(uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-tes) diperoleh hasil yang signifikansi (sig.2-tailed)0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Negeri 106443 Sei Baharu. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dikelas eksperimen yaitu 76,53. Sedangkan siswa di kelas control rata-rata (mean) tanpa diberikan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 67,63. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.subjectKedisiplinan Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NEGERI 106443 SEI BAHARUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EMI.pdfFull Text8.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.