Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24703
Title: IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI STUDI DI SMK TI TAMAN SISWA TEBING TINGGI
Authors: ADILAH
Keywords: Implementasi Kurikulum Berbasis Industri
Issue Date: May-2024
Abstract: Tujuan penelitian untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Berbasis Industri (Studi DI SMK TI Taman Siswa Tebing Tinggi). Jenis penelitin adalah kualitatif explanation dilaksanakan di SMK TI Taman Siswa dari Januari 2023 sampai dengan Februari 2024. Dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analsiis data dengan menggunakan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses perencanaan di SMK TI Taman Siswa Tebing Tinggi dengan mengimplementasikan kurikulum berbasis industri dilakukan melalui pendekatan sistem blok pada proses, sesuai alur berikut: 1) Melakukan desain proses pembelajaran dengan melibatkan berbagai pihak, baik dari internal maupun eksternal. 2) Melakukan penyusunan jadwal dengan menggunakan pembelajaran mingguan dan disesuaikan dengan kalender kerja industri serta menggunakan kurikulum berbasis industri. 3) Melakukan perancangan pembelajaran yang diarahkan pada pembentukan kompetensi kerja. 4) Menyisipkan materi dasar mentalitas industri dan Hubungan Industrial. Pelaksanaan kurikulum berbasis industri dengan Melakukan pembentukan tim dan pembagian tupoksi dari setiap anggota tim pengembang kurikulum, 2) Melakukan penilaian dan penelitian terhadap kurikulum, baik yang ada dan sedang digunakan maupun kurikulum terdahulu untuk kemudian dilakukan kajian mendalam mengenai penyesuaian kurikulum. 3) Melakukan penyusunan kisi-kisi kompetensi yang kelak dibutuhkan di dunia industri ataupun ujian nasional.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24703
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS ADILAH.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.