Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24701
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Hasanah, Nurul | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-10T13:20:02Z | - |
dc.date.available | 2024-07-10T13:20:02Z | - |
dc.date.issued | 2024-01-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24701 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media film terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110. Sampel penelitian ini terdiri dari dari 2 kelas yaiitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes esai yang berisi 1 soal yaitu menganalisis unsur-unsur drama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023 dengan model Group Investigation berbantuan media film berada pada kategori baik karena memperoleh rata-rata 81,64, sedangkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama dengan model Problem Based Learning berada pada kategori cukup karena memperoleh rata-rata 69,96. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,755 > 2,0048, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media film terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Group Investigation | en_US |
dc.subject | Media Film | en_US |
dc.subject | Mengidentifikasi | en_US |
dc.subject | Unsur-unsur Drama | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Film Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2022/2023 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI Nurul Hasanah 1902040040.pdf | 1.86 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.