Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24701
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasanah, Nurul-
dc.date.accessioned2024-07-10T13:20:02Z-
dc.date.available2024-07-10T13:20:02Z-
dc.date.issued2024-01-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24701-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media film terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110. Sampel penelitian ini terdiri dari dari 2 kelas yaiitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes esai yang berisi 1 soal yaitu menganalisis unsur-unsur drama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023 dengan model Group Investigation berbantuan media film berada pada kategori baik karena memperoleh rata-rata 81,64, sedangkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama dengan model Problem Based Learning berada pada kategori cukup karena memperoleh rata-rata 69,96. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,755 > 2,0048, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media film terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectGroup Investigationen_US
dc.subjectMedia Filmen_US
dc.subjectMengidentifikasien_US
dc.subjectUnsur-unsur Dramaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Film Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Nurul Hasanah 1902040040.pdf1.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.