Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24696
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Student Fasilitatory And Explaining Berbantuan Buku Antologi Puisi terhadap Kemampuan Musikalisasi Puisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. |
Authors: | Adha, Nadya |
Keywords: | Model Student Fasilitatory;Explaining;Antologi puisi;Musikalisasi Puisi |
Issue Date: | 14-May-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi terhadap kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 3 kelas yang berjumlah 106. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan esai yang menguraikan isi makna dari puisi yang di musikalisasi oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2022/2023 dengan model pembelajaran student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 81,91 sedangkan, kemampuan musikalisasi puisi dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata-rata 62,85. Berdasarkan uji hipotesis di peroleh uji โtโ dengan hasil pengujian pada taraf =0,5 maka diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐> ๐ก๐ก๐๐๐๐ yaitu 5,956 >1,667. Karena nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐> ๐ก๐ก๐๐๐๐ , maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi terhadap kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Dengan demikian hipotesis alternative (Ha) terbukti kebenarannya dan diterima. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24696 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NADYA ADHA FINAL.pdf | 3.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.