Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24679
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Pratiwi, Nur Abdiah | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-10T09:58:14Z | - |
dc.date.available | 2024-07-10T09:58:14Z | - |
dc.date.issued | 2024-05-06 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24679 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang memahami materi yang telah dipelajari dan menunjukkan kurangnya minat serta rasa bosan. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi kelas V, bahwa peserta didik hanya memanfaatkan sumber dan media yang masih terbatas. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta didik yaitu berupa media pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. (3) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang memiliki 10 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba awal, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal dalam penelitian pengembangan ini peneliti hanya sampai pada tahap ke-7 yaitu revisi produk, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut pada siswa kelas V SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa. Hasil penelitian yang dikembangkan termasuk kedalam kriteria sangat valid (90% untuk hasil penilaian ahli materi, 100% untuk hasil penilaian ahli media, 100% untuk hasil penilaian ahli bahasa ) dan sangat praktis (92% untuk hasil penilaian guru, 89,4% untuk hasil penilaian peserta didik). | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran Diorama qarica | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep IPA | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Qarica Untuk Pemahaman Konsep IPA Materi Ekosistem Laut Pada Siswa Kelas V SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa. | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Nur Abdiah Pratiwi_1902090280.pdf | 14.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.