Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24668
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFransiska, Lou Wenny-
dc.date.accessioned2024-07-10T08:46:05Z-
dc.date.available2024-07-10T08:46:05Z-
dc.date.issued2024-05-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24668-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 054875 Selesai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi ekperimental design dengan pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal dalam bentuk essay. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 054875 Selesai berjumlah 56 siswa. Penelitian ini memiliki dua kelas yang akan di lakukan dengan perbedaan perlakuan setiap kelas. Teknik pengambilan sampel ini dengan cara Random Sampling pada kelas IVB berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data penelitian diperoleh rata-rata posttest yang dilakukan di kelas eksperimen sebesar 60 kategori “cukup” dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 50 kategori “kurang” dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik dan mengalami peningkatan dari pada pendekatan konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 23 diperoleh hasil Uji Hipotesis penelitian yang menggunakan uji t (independent t tes) dengan pengambilan keputusan dari uji t adalah jika nilai sig (2-tailed) <0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima dan diperoleh nilai thitung > ttabel = 7,491 > 1,67 maka maka HO ditolak dan HI diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa dapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar matematika materi pecahan mengalami peningkatan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPendekatan Realistic Mathematic Education (RME)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPecahan.en_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 054875 Selesai T.A 2023/2024.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_LOU WENNY FRANSISKA_2002090128.pdf8.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.