Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24627
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorINSANI, HAINUR-
dc.date.accessioned2024-07-09T03:11:17Z-
dc.date.available2024-07-09T03:11:17Z-
dc.date.issued2024-03-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24627-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kurang aktifnya siswa pada saat proses belajar,guru kirang dalam menggunakan variasi model dan media pembelajaran, dan hanya beberapa siswa yang memperhatikan saat guru menjelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SDN 060870. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 orang yang terdiri dari 24 laki -laki dan 27 perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan porposive sampling. Porposive sampling adalah sebuah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau maksud tertentu. Instrumen yang dilakukan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan Independent Sample T test. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji Independent Sample T-test mendapatkan hasil nilai signifikansi 0,000<0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,005<0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti mendaparkan pengaruh signifikan model pembelajaran Make A Match terhadap keaktifan belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SDN 060870.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Make A Matchen_US
dc.subjectKeaktifan Belajaren_US
dc.subjectIlmu Pengetahuan Alam dan Sosial.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 060870en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_MAKE_A_MATCH_1__1_ (1)-1.pdfFull Text4.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.