Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24625
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIKiR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP AL-HIKMAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: DAMAYANTI, INDAH
Keywords: Model Pembelajaran MIKiR;Kemampuan Menulis Naskah Drama
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP AL-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana objek yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMP AL- Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran MIKiR, rata rata nilai pre-test kelas VIII-5 adalah 51,22 atau dalam kategori kurang, dan standar deviasi sebesar 8,82. Berdasarkan hasil penelitian setelah menggunakan model pembelajaran MIKiR pada kelas VIII-5 diperoleh rata-rata 80,11 atau dalam kategori baik, dan standar deviasi sebesar 13,59. Pada pembelajaran pre test terdapat 1 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau yang mencapai nilai 75, sedangkan 34 siswa tidak memenuhi KKM. Pada pembelajaran post-test terdapat 28 siswa yang memenuhi KKMsedangkan 7 siswa lainnya tidak lulus KKM. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 9,63 dan jika dilihat nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan df = N -1, 35-1 = 34 maka ttabel adalah 1,69. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel dengan menggunakan Kriteria thitung > ttabel(9,63> 1,69), maka Ha diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran MIKiR terhadap hasil belajar kemampuanMenulis Naskah Drama siswa kelas VIII SMP AL-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24625
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INDAH DAMAYANTI.pdfFull Text1.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.