Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24623
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorASSILMI, HABIB HARIANSYAH-
dc.date.accessioned2024-07-09T02:40:47Z-
dc.date.available2024-07-09T02:40:47Z-
dc.date.issued2024-03-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24623-
dc.description.abstractManajemen kurikulum adalah suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik dan sistematika dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Pelaksanaan manajemen kurikulum harus berkembang sesuai dengan konteks manajemen berbasis sekolah (MBS) dan kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP). Keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam akan sangat bergantung kepada komponen dari manajemen kurikulum pendidikan Islam seperti manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen sekolah, manajemen mata pelajaran, manajemen jadwal mata pelajaran, manajemen pembiayaan, dan manajemen sarana prasarana. Komponen-komponen tersebut merupakan satu kesatuan dalam upaya pencapaian tujuan lembaga pendidikan, terutama pendidikan Islam yang berbasis Pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu melakukan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi dan penafsiran data dalam bentuk naratif. Manajemen kurikulum dalam sistem pendidikan nasional merupakan suatu proses yang sangat komplek dan melibatkan berbagai komponen yang saling terkait dalam rangka mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Prosedur manajemen kurikulum terdiri dari perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulumen_US
dc.subjectManajemen Kurikulumen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectPondok Pesantrenen_US
dc.titleMANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA RIAUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HABIB HARIANSYAH ASSILMI 1901020259.pdfFull Text2.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.