Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24602
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
Authors: | AURIANTRI, SITI SARAH |
Keywords: | NHT;Powtoon;Kemampuan Menganalisis |
Issue Date: | 25-Dec-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan Menganalisis Strukur Teks Negosiasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA X SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 36 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan Menganalisis Strukur Teks Negosiasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur teks negosiasi oleh siswa X IPA X SMA Negeri 4 Medan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media Powtoon adalah 77,77. Nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur teks negosiasi oleh siswa kelas X IPA X SMA Negeri 4 Medan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media Powtoon adalah 94,44. Hasil perhitungan to yang dilakukan oleh peneliti adalah 49,029, karena nilai 49,029 > 0,005 maka hipotesis diterima. Yang artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan posttest. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24602 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SARAH AURIANTRI (10).pdf | Full Text | 5.18 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.