Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24598
Title: MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER DI UPTD SPF SMP NEGERI 3 GUNUNG MERIAH
Authors: HUDNAH
Keywords: Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
Issue Date: 30-Mar-2024
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui memanajemen pengembangan kurikulum pendidikan karakter di UPTD SPF SMP N 3 Gunung Meriah. pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan deskripsi. Penelitian dilaksanakan di UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil dengan jenis tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa UPTD SPF SMP N 3 Gunung Meriah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pengembangan kurikulum yang digunakan di UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah adalah integrated curriculum yaitu kurikulum pendidikan karakter terintegrasi dengan pelajaran umum,seperti matematika. IPS, IPA, bahasa, jasmani/kesehatan, ketrampilan yang mengacu pada struktur kurikulum pembelajaran intrakurikuler dan projec penguatan profil pelajar pancasila. Jadi kurikulum di desain dengan mengedepankan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan perkembangan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi tahun-tahun ajaran sebelumnya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional maupun tujuan sekolah. Hal yang direncanaan pertama adalah analisis kebutuhan, merumuskan visi dan misi dan design kurikulum. Pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan karakter di UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah dapat disimpulkan penetuan kurikulum yang akan digunakan, Pembentukan tim kerja yang solid, kolaborasi antar guru dnegan menjalin komunikasi yang harmonis dengan para guru dan kepala sekolah, Inovasi dalam mengembangkan sekolah basis kurikulum, Penerimaan siswa baru memberlakukan rangkaian seleksi ketat serta mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Dalam pengevaluasian UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah Pihak sekolah perlu menyiapkan sejumlah dokumen dan bukti fisik sebagai bukti nyata bahwa institusi pendidikan terkait sudah memenuhi tiap elemen standarisasi. Teknik yang digunakan pada evaluasi pengembangan kurikulum mata pelajaran ini adalah teknik test dan nontest. Teknik test merupakan tes prestasi belajar atau achievement test digunakan untuk mengevaluasi proses belajar guru kepada siswanya dalam kurun waktu tertentu. Seperti yang disebutkan di bagian konsep dasar, penilaian adalah alat atau proses yang sistematis dan objektif yang dapat dengan cepat dan akurat memperoleh data yang diperlukan tentang seseorang, alat yang dapat mengukur tingkat pembelajaran dengan standar-standar yang efektif dan andal. Teknik test dapat berupa tes lisan, tulisan, dan teknik pengamatan langsung terhadap perilaku siswa. Sedangkan teknik nontest adalah penilaian atau evaluasi, yang bersifat komprehensif karena dapat digunakan untuk mengevaluasi semua aspek kemampuan siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24598
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS HUDNAH.pdf1.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.