Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24594
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURLINDA, EPI-
dc.date.accessioned2024-07-06T04:57:23Z-
dc.date.available2024-07-06T04:57:23Z-
dc.date.issued2024-06-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24594-
dc.description.abstractPenelitian ini berangkat dari masalah yang ditemukan, yaitu: kemampuan penalaran matematis (KPM) mahasiswa masih kurang, self efficacy (SE) mahasiswa rendah dalam belajar Matematika, kurangnya penggunaan media interaktif dalam proses pembelajaran serta faktor kemampuan awal matematika (KAM) mahasiswa yang ikut mempengaruhi proses belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap; (1) pengaruh signifikan model PBL dan CTL berbantuan media interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa, (2) interaksi antara KAM dan penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa, (3) pengaruh signifikan penerapan model PBL dan CTL berbantuan media nteraktf terhadap self efficacy mahasiswa, (4) mengetahui interaksi antara kemampuan awal matematika mahasiswa dan model pembelajaran terhadap sefl efficacy mahasiswa. Penelitian masuk kategori Quasi experiment, khususnya counter balanced design dengan instrument: (1) tes kemampuan awal matematika mahasiswa, (2) tes kemampuan penalaran matematis mahasiswa, (3) angket self efficacy. Data infrensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kedua kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan model CTL (Contextual Teaching dan Learning) berbantuan media interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. (2) Terdapat interaksi kemampuan awal matematika (KAM) dan model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. (3) Kedua kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan model CTL (Contextual Teaching dan Learning) berbantuan media interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self efficacy mahasiswa. (4) Terdapat interaksi kemampuan awal matematika (KAM) dan model pembelajaran yang digunakan terhadap self efficacy mahasiswa.en_US
dc.subjectproblem based learningen_US
dc.subjectcontextual teaching and learningen_US
dc.subjectkemmapuan penalaran matematisen_US
dc.subjectself efficacy, media interaktif.en_US
dc.titleKEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY MAHASISWA DITINJAU DARI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIFen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis_Epi Nurlinda_Magister Pend. Matematika.pdf3.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.