Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24576
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NADILA, . | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-05T10:16:32Z | - |
dc.date.available | 2024-07-05T10:16:32Z | - |
dc.date.issued | 2024-04-14 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24576 | - |
dc.description.abstract | Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dikelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini siswa kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan mnggunakan instrument Tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media puzzle mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang berikan oleh masing –masing variabel. maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan memperoleh rata-rata berpikir kritis siswa pada kelas kontrol ( konvensional ) sebesar 57,39. Sedangkan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen menggunakan ( media puzzle) sebesar 89,65. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan”. | en_US |
dc.subject | Media Puzzle | en_US |
dc.subject | Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NADILA-2002090090.pdf | 5.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.