Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24572
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV UPT SD NEGERI 060871 MEDAN
Authors: NADYA, AFRIANTI
Keywords: Discovery Learning;Keterampilan Proses Sains
Issue Date: 14-May-2024
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains siswa dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa di kelas kontrol pada pembelajaran IPAS kelas IV di UPT SD Negeri 060871 Medan, untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS kelas IV di UPT SD Negeri 060871 Medan, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SD Negeri 060871 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas ahli dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SD Negeri 060871 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24572
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nadya Afrianti_Skripsi (1).pdf3.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.