Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24565
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNOVITA, .-
dc.date.accessioned2024-07-05T09:55:04Z-
dc.date.available2024-07-05T09:55:04Z-
dc.date.issued2024-05-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24565-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa mata Pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 064967 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari II pertemuan, instrument yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar (post test). Temuan hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar IPS kelas IV di SD Negeri 064967 Medan, ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata 70,83, nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100. Dari 24 siswa yang mengikuti tes siklus I , terdapat siswa mencapai nilai KKM 14 dan 10 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 41,66%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 80, nilai terendah 50, nilai tertinggi 100, mengalami peningkatan yang menunjukkan 20 siswa telah mencapai nilai KKM, dan 4 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 83,33%.en_US
dc.subjectMetode Problem Based Learningen_US
dc.subjectUntuk Meningkatkan Hasil Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran IPSen_US
dc.titlePENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 064967 MEDAN TIMURen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NOVITA PGSD REALLLLLLL.pdf5.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.