Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24549
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.author-, ANDARIWATI-
dc.date.accessioned2024-07-05T08:21:58Z-
dc.date.available2024-07-05T08:21:58Z-
dc.date.issued2024-06-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24549-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E dan VIII-D yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain postest only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional rata-rata 65,16 termasuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan siswa menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 78,64 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 4,72 > 1,670 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen oleh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.en_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectKemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Cerpen.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANDARIWATI.pdfFull Text2.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.