Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24543
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAFIRA, IRA-
dc.date.accessioned2024-07-05T07:22:48Z-
dc.date.available2024-07-05T07:22:48Z-
dc.date.issued2024-06-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24543-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model Project Based Learning dan kelas eksperimen dengan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap kemandirian belajar pesertadidik. (2) Mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemandirian belajar pesertadidik. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pesertadidik. (4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemandirian belajar pesertadidik. Populasi dan sampel ini adalah siswa kelas X-10 dan kelas X-7 dengan jumlah masing-masing 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) Tes kemampuan awal matematika, (2) Tes kemampuan berpikir kreatif, (3) Angket kemandirian belajar siswa. Data penelitian ini dengan menggunakan analisis inferensial dilakukan dengan analisi kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PjBL dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif yang angka signifikasi modelnya 0,001 < 0,05. (2) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dengan model pembelajaran kemampuan berpikir kreatif dengan angka signifikasi yaitu 0,015 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikasi penerapan model pembelajaran PjBL dan Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa dengan angka signifikasi modelnya 0,006 < 0,05. (4) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa dengan angka signifikasi yaitu 0,019 < 0,05.en_US
dc.subjectKemampuan awal matematikaen_US
dc.subjectModel Project Based Learningen_US
dc.subjectModel Discovery Learningen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.subjectKemandirian Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS IRA SYAFIRA 2220070011.pdf12.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.