Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24494
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorM A R I O N O-
dc.date.accessioned2024-07-03T03:44:08Z-
dc.date.available2024-07-03T03:44:08Z-
dc.date.issued2024-03-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24494-
dc.description.abstractProgram Sekolah Penggerak bertujuan dan fokus dalam meumbuhkembangKan prestasi belajar siswa secara menyeluruh dengan implementasi Profil Pelajar Pancasila. Cakupan kompetensi-kompetensi yang di kembangkan adalah kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter). Untuk pencapaian tujuan ini dperlukan sebuah analisa dalam mengukur efektivitasnya. Kemudian melalui metode evaluasi model Countenance Stake yang memfokuskan pada bagaimana tingkat pencapaian dalam pelaksanaan program dengan membandingkan antara hasil observasi dengan kriteria acuan dan menghasilkan keputusan rekomendasi. Subyek dari penelitian evaluasi ini adalah SMP Negeri 7 Langsa yang menerapkan intervensi program sekolah penggerak di sekolahnya. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil evaluasi Stake menunjukkan bahwa Pada komponen Antecedent (masukan/perencanaan) Program Sekolah Penggerak di SMP N 7 Langsa berjalan secara efektif yang menunjukkan sebuah kesiapan beberapa unsur yang mempengaruhi keberhasilan PSP di SMP N 7 Langsa Sehingga berimplikasi pada manajerial yang sistemik dengan strategi yang matang dalam pencapaian tujuan, Pada komponen Transaction (proses) SMP N 7 Langsa menerapkan PSP dalam empat unsur proses manajemen yaitu planning, organizing, actuating dan controling dan pada komponen Outcome (hasil) telah mewujudkan pencapaian pada setiap tahapan-tahapan programs sebelumnya baik secara manajerial maupun evaluatif. Hasil penelitian evaluasi dengan Model Countenance Stake dapat menunjukkan aspek-aspek yang dievaluasi telah memenuhi standar objektif yang telah ditentukan. Informasi program-program yang terperinci dan komprehensif program dapat diketahui pada setiap bahasan pada tahapan antecedent, transactions dan outcomes, sehingga lebih mudah menentukan efektivitas manajerialyang dilaksanakan dan untuk antisipatif tindakan perbaikan dan rekomendasi pada program selanjutnya.en_US
dc.subjectProgram Sekolah Penggeraken_US
dc.subjectEfekivitas manajemenen_US
dc.subjectContinance Stakeen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (STUDI DI SMP NEGERI 7 LANGSA)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS MARIONO.pdf2.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.