Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24492
Title: POLA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH NEGERI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA ACEH TAMIANG)
Authors: LATIFAH
Keywords: Manjemen Kepala Sekolah;Mutu Pendidikan;penelitian kualitatif
Issue Date: 20-Mar-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam perencanaan dan pengendalian program peningkatan mutu pendidikan. serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan manajemen kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Pendidikan dianggap sebagai aspek krusial dalam kehidupan manusia, dan peran kepala sekolah sebagai manajer memiliki dampak penting dalam suksesnya perencanaan program. Perencanaan program manajemen memerlukan analisis kebutuhan, perumusan tujuan, desain program, implementasi, dan pengendalian untuk memastikan kesuksesan lembaga pendidikan. Pengendalian dan pengawasan menjadi tahap akhir dimana kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap kinerja guru dan stafnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan fokus pada pemahaman mendalam terhadap peristiwa dan masalah. Data diperoleh dari narasumber dan berbagai dokumen, sedangkan analisis data dan tringulasi digunakan untuk memastikan keabsahan informasi yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen perencanaan dan pengendalian kepala sekolah mempengaruhi keberhasilan tujuan pendidikan serta menunjang efektivitas manajemen kelas menjaga konsistensi. Kepala sekolah aktif dalam pengembangan program perencanaan dan pengembangan visi misi kurikulum. Proses pemantauan melibatkan tim yang terdiri dari guru senior.. Manajemen kepala sekolah menganut pendekatan gaya kepemimpinan instruksional dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan. Dukungan terhadap pengembangan professional guru dan implementasai sistem penilaian kinerja menjadi aspek penting. Faktor-faktor yang meningkatkan mutu pendidikan melibatkan keterampilan manajemen kepala sekolah, kemampuan berkomunikasi,, suvervisi kelas, keterlibatan komite sekolah, adaptasi kebijakan, dan manajemen kelas efektif. Dengan demikian perbaikan masih diperlukan dalam pelibatan stakeholder serta ditingkatkannya penanganan disiplin guru.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24492
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS LATIFAH fix.pdf2.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.