Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24486
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDARMA, SURYA-
dc.date.accessioned2024-07-03T03:08:27Z-
dc.date.available2024-07-03T03:08:27Z-
dc.date.issued2024-03-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24486-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang. Faktor pendukung efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang. Kendala yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian ini adalah penelitian mix method jenis sequential explanatory designs. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian dan kesimpulan yaitu : Efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang sudah terlaksana dengan baik sekali ditinjau dari pendekatan pendidikan holistik melalui optimalisasi penerapan menggunakan pendekatan pembelajaran transformatif, prosedur pembelajaran yang fleksibel, pemecahan masalah melalui lintas disiplin ilmu, pembelajaran yang bermakna, dan pembelajaran melibatkan komunitas dimana individu berada. Faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang yaitu komitmen tinggi seluruh stakeholder, faktor penggunaan metode pembelajaran, strategi pendidikan holistik, guru yang inovatif dan kreatif, dukungan Kepala Sekolah serta sarana prasarana pendukung. Kendala yang utama adalah mindset guru yang belum ingin berubah dan kemampuan guru dalam pelaksanaan IKM tidak merata dan masih ada beberapa guru yang tidak inovatif, tidak paham teknologi, akses dalam pembelajaran juga masih bermasalah seperti pembuatan modul ajar, persiapan belajar dan pembuatan pengembangan masih terkendala dan sarana pendukung dari sekolah belum memadai serta masih ada beberapa guru yang tidak menerapkan strategi pendekatan pendidikan holistik. Hasil kuesioner Kepala Sekolah memperoleh skor 304 dengan persentase 84,44% (Baik Sekali), hasil kuesioner guru memperoleh skor 13944 dengan persentase 83,92% (Baik Sekali), hasil kuesioner siswa memperoleh skor 11801 dengan persentase 81,95% (Baik Sekali). Artinya Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdekapada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang sudah terlaksana dengan baik sekali.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectSekolah Penggerak.en_US
dc.titleEFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SMP KABUPATEN DELI SERDANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ok tesis surya darma.pdf13.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.