Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24475
Title: | REPRESENTASI FEMINISME DALAM SERIES “LESSONS IN CHEMISTRY” (2023) KARYA BONNIE GARMUS |
Authors: | RAMBE, CHAIRUNNISA NADHIRA |
Keywords: | : Feminisme;Semiotika Charles Sanders Peirce;Film |
Issue Date: | 22-May-2024 |
Abstract: | Feminisme merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memperjuangkan kesetaraan gender. Feminisme seringkali menjadi tema dalam film sebagai respon terhadap representasi perempuan dalam film yang sering kali digambarkan secara negatif. Salah satu series yang merepresentasi feminisme adalah Lessons in Chemistry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana representasi feminisme dalam series Lessons in Chemistry. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Semiotika Charles Sanders Peirce yang menganalisis dengan tiga tahap pemaknaan yaitu sign, object dan interpretant. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan dokumentasi terkait feminisme dengan mengamati, mencatat dan menganalisis indikator isu feminisme dalam adegan, dialog, dan gesture. Teknik analisis data menggunakan pendekatan semiotika charles sanders peirce yang menekankan pada pemecahan makna pada tiga elemen utama yaitu sign/representamen, object, interpretant. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa series ini menggambarkan feminisme melalui tindakan karakter utama yang mencerminkan feminisme seperti menentang diskriminasi dan stereotip gender, perempuan independen dan saling mendukung sesama perempuan. Aliran feminisme yang direpresentasikan dalam series ini adalah aliran feminisme liberal. Series ini memberikan gambaran yang kuat tentang feminisme dalam menghadapi ketidakadilan gender. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24475 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI CHAIRUNNISA NADHIRA RAMBE .pdf | Full Text | 14.06 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.