Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2446
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Ak SMK YASPI Labuhandeli Medan
Authors: Putri, Anggi Rizkia
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Ak SMK YASPI Labuhan Deli Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YASPI Labuhan Deli Medan yang beralamatkan di Jalan Yos Sudarso,KM 16,8 Titi Papan,Medan Deli Kota Medan Sumatera Utara. Populasi yang digunakan adalah kelas X Ak1 dan X Ak2 yang berjumlah 99 orang siswa. Teknik pengumpulan Sample yang digunakan adalah Total Sampling. Desain Penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis ini berbentuk essay test yang berjumlah 8 soal. Dari hasil analisis data posttest kelas Eksperimen adalah 83,88 dengan standar deviasi 8,79 Sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata post-test adalah 78,1 dengan standar deviasi 8,44. Penelitian ini menggunakan uji F untuk mengetahui Homogenitas data. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil perhitungan Uji hipotesis harga thitung (3,35) dibanding ttabel (1,66071) pada dk = 49+50 = 99-2 = 97 dan taraf nyata α = 0,05 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus siswa kelas X Ak SMK YASPI Labuhandeli Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini membuktikan bahwa Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi siswa kelas X Ak SMK YASPI Labuhan Deli Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2446
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.