Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24439
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MUHAMMAD RIDWAN, HAKIKI | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-02T06:50:22Z | - |
dc.date.available | 2024-07-02T06:50:22Z | - |
dc.date.issued | 2024-06-10 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24439 | - |
dc.description.abstract | Penelitian dilatar belakangi oleh kurang penggunaan media pembelajaran sehingga menurunnya Keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian yaitu bagaimana Keaktifan pembelajaran IPA sebelum dan Setelah penggunaan media Video Animasi siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan,dan apakah pengaruh media pembelajaran Video Animasi terhadap Keaktifan pembelajaran IPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Keaktifan pembelajaran IPA sebelum dan setelah penggunaan media Video Animasi kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan untuk mengatahui apakah terdapat pengaruh media Video Animasi terhadap Keaktifan pembelajaran IPA kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan Agustus-September 2023 Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan sebanyak 25 orang siswa yang memiliki peran sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum diberikannya kuesioner kepada responden hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi kuesioner kepada Ibu Indah Pratiwi S.Pd., M.Pd yang nilainya 100% (valid). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung – 10,008 sedangkan ttabel 2,144. Tanda negatif pada thitung bukan menunjukkan dibawah 0 tetapi menunjukkan arah pengaruhnya. ttabel diambil dari tabel berdistribusi t dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 0,05 atau 5%, maka hipotesis(Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat ditarik kesimpulannya bahwa Media Pembelajaran Video Animasi berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Media Video Animasi | en_US |
dc.subject | Keaktifan Belajar | en_US |
dc.subject | Ilmu Pengetahuan Alam | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRPSI MUHAMMAD RIDWAN HAKIKI.pdf | Full Text | 1.3 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.