Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24437
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSEPHY ANANDA, GUSTY-
dc.date.accessioned2024-07-02T06:43:16Z-
dc.date.available2024-07-02T06:43:16Z-
dc.date.issued2024-05-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24437-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna peran ayah yang direpresentasikan dalam dua film pendek Indonesia, yaitu "Bapak" karya Paniradya Kaistemewan dan "Pulang" karya KAI. Dalam konteks sosial dan budaya Indonesia, peran ayah sering kali dipandang sebagai pilar utama keluarga yang bertanggung jawab atas kesejahteraan materi dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Roland Barthes mengembangkan teori semiotika yang kaya dan kompleks untuk mengkategorikan makna dalam teks dan media. Salah satu konsep utama Barthes adalah tatanan makna yang terdiri dari denotasi, konotasi dan mitos. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi berupa adegan yang mengandung makna peran ayah dan studi pustaka. Penulis melakukan analisis terhadap pemilihan gambar dan makna yang mengandung makna peran ayah yang ada dalam film pendek “Bapak" karya Paniradya Kaistemewan dan film pendek "Pulang" karya KAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua film secara konsisten menggambarkan ayah sebagai figur yang penuh dedikasi dan pengorbanan.en_US
dc.subjectMakna Peran Ayahen_US
dc.subjectFilm Pendeken_US
dc.subjectSemiotika Roland Barthesen_US
dc.titleMAKNA PERAN AYAH DALAM FILM PENDEK “BAPAK” KARYA PANIRADYA KAISTEMEWAN DENGAN “PULANG” KARYA KAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI sephy ananda LUXdocx (2).pdfFull Text2.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.