Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2442
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas (LKS) XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan
Authors: Br Sembiring, Irmayanti
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry;Lembar Kerja Siswa;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model pembelajaran Inquiry berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui bagaiman pengaruh model pembelajaran Inquiry berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Medan kelas XI IPS yang beralamat di Jalan Utam tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 82 siswa. Sampel yang diambil penelitian ini hanya 1 kelas, yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 41 orang. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil pre-test siswa menunjukkan bahwa mean yang diperoleh adalah 71,83 sedangkan standar deviasi yang diperoleh adalah 10,29. Hasil post-test siswa dengan model pembelaran Inquiry berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) menunjukkan bahwa mean yang diperoleh adalah 85 sedangkan standar deviasi yang diperoleh adalah 7,42. Dari hasil perhitungan thitung = 13,986 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk = n – 2 = 41 – 2 = 39 taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,684 dan ternyata thitung > ttabel (13,986 > 1,684) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh model pembelajaran Inquiry berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar akuntansi pada indikator menyusun kertas kerja siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2442
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.