Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24395
Title: Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat versi GTA di YouTube
Authors: Pratama, Mhd. Arif
Keywords: Semiotika;Iklan Layanan Masyarakat;Grand Theft Auto;YouTube
Issue Date: 12-Jun-2024
Publisher: UMSU
Abstract: ILM yang di-create oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia diperbaharui oleh Divisi Parodi & Iklan Sevra Media dengan mengkolaborasikan dengan iklan layanan masyarakat yang dibuat dengan menggunakan animasi game Grand Theft Auto (yang selanjutnya disebut dengan GTA). ILM Kereta Api versi GTA ini merupakan sebuah kampanye yang ingin menyadarkan para pengendara mulai dari generasi Y, generasi X, generasi Z hingga generasi Alpha untuk mulai tertib berlalu lintas terutama di perlintasan kereta api dikarenakan akibatnya akan sangat mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana sign (tanda), object (objek), interpretant (penafsiran) pada Iklan Layanan Masyarakat Kereta Api versi GTA akibat menerobos perlintasan kereta api di YouTube?. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui sign (tanda), object (objek), interpretant (penafsiran) pada Iklan Layanan Masyarakat Kereta Api versi GTA akibat menerobos perlintasan kereta api di YouTube. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui 3 tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Angkot yang menerobos palang pintu Kereta Api dengan signifier (penanda) sebagai tindakan menerobos palang pintu Kereta Api yang memiliki Signified (makna) berupa perilaku tidak patuh aturan dan membahayakan keselamatan, tanda ini memiliki referent (acuan) berupa peristiwa nyata yang sering terjadi di perlintasan kereta api; b) Kecelakaan Kereta Api dengan signifier (penanda) sebagai gambar kecelakaan yang memiliki Signified (makna) akibat fatal dari perilaku tidak patuh aturan, tanda ini memiliki referent (makna) berupa akibat fatal dari perilaku tidak patuh aturan. peristiwa nyata yang sering terjadi akibat kelalaian manusia di perlintasan Kereta Api. Kesimpulan penelitian ini adalah sign, objek, dan interpretant pada Iklan Layanan Masyarakat ini dapat mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan oleh peng-create kepada masyarakat sebagai pengguna jalan di sekitar perlintasan kereta api
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24395
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi a.n Arief (1).pdf3.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.