Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24370
Title: | ANALISIS KONTEN DAN PESAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM LIRIK LAGU PROFIL PELAJAR PANCASILA DI PLATFORM YOUTUBE KEMENDIKBUD RI |
Authors: | RICO, PRANANTA |
Keywords: | Semiotika;Roland Barthes;Pesan;Lirik Lagu;Musik Video;Ideologi Pancasila |
Issue Date: | 30-May-2024 |
Abstract: | Musik merupakan alat komunikasi yang cukup efektif. Melalui seluruh aspek yang terdapat di dalamnya, musik juga dapat mempengaruhi emosi orang yang menikmatinya. Lirik lagu merupakan simbol verbal yang diciptakan oleh manusia. Manusia adalah mahluk yang tahu bagaimana harus bereaksi, tidak hanya terhadap linkungan fisiknya, namun juga pada simbol-simbol yang dibuatnya sendiri. Lirik lagu merupakan ekspresi seseorang tentang suatu hal yang sudah dilihat, didengar maupun dialaminya. Makna dalam lirik dapat bersifat impisit dan eksplisit. Penelitian ini membahas tentang analisis konten dan pesan ideologi pancasila dalam lirik lagu profil pelajar pancasila di paltform youtube kemendikbud RI. Penelitian ini berfokus pada lirik lagu yang mengandung ideologi pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh kemudian di analisa dengan rumusan semiotika roland barthes, dimana analisis penelitian ini menekankan pada pencarian makna denotasi, konotasi dan mitos dengan mengklarfifikasikan istilah dalam lirik dan visual. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu terdapat lirik lagu yang mengandung pesan ideologi pancasila di antaranya dalam sila ke : 1) ketuhananan yang maha esa. 2) kemanusiaan yang adil dan beradab. 3) persatuan indonesia. Dan sila ke 5) keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24370 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI RICO PRANANTA.pdf | Full Text | 4.43 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.