Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2436
Title: Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Menggunakan Media Flanel Graf Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Medan
Authors: Wulandari, Nikita
Keywords: Model Pembelajaran Make A Match;Media Falnel Graf;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Make A Match dengan Menggunakan Media Flanel Graf pada pokok bahasan jurnal penyesuaian di kelas X AK SMK Negeri 1 Medan. Dan untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dengan menggunakan media Flanel Graf di kelas X AK SMK Negeri 1 Medan tahun Pembelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes (pretest dan Post test) yang terdiri dari 5 item soal uraian bebas dan observasi keaktifan siswa yang terdiri dari 8 pernyataan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dengan Menggunakan Media Flanel Graf ternyata dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada pokok pembahasan jurnal penyesuaian. Setelah mengamati hasil belajar dari tes belajar dari tes awal (sebelum menerapkan model pembelajaran Make A Match) dari 38 siswa 12 yang mampu memcapai KKM yang telah di tentukan. Setelah penerapan model pembelajaran Make A Match dengan media Flanel Graf terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I terdapat 16 orang siswa yang tuntas dan setelah siklus II menjadi 29 orang siswa yang tuntas, dengan perolehan tingkat ketuntasan Klasikal 42,10% menjadi 76,32%. Ini berarti siswa sudah mencapai nilai KKM yang diharapkan guru.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2436
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.