Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24343
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIA MANULLANG, JUNI MERY-
dc.date.accessioned2024-06-29T07:36:26Z-
dc.date.available2024-06-29T07:36:26Z-
dc.date.issued2024-03-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24343-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kinerja sekolah dalam mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. 2) untuk mengetahui kendala kinerja sekolah dalam mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. 3) untuk mengetahui solusi mengatasi kinerja sekolah dalam mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kinerja sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat belum maksimal karena sebagian guru belum bisa beradaptasi dengan kurikulum merdeka belajar, modul ajar sudah tersedia namun belum ditemukan pelaksanaan pembelajaran berdifferensiasi meskipun kepala sekolah sudah merancang semua kegiatan sosialisasi, guru juga sudah menerapkan kurikulum Merdeka belajar di sekolah. 2) Kendala kinerja sekolah dalam impelmentasi kurikulum Merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat adalah sarana dan prasarana yang tidak lengkap, kemudian kurangnya sosialisasi dan pendampingan kurikulum Merdeka bagi guru-guru, kemudian kurangnya kemampuan pedagogik guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar terutama terkait P5.Solusi Mengatasi Kinerja Sekolah Dalam Implementasi Merdeka Belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat adalah guru harus kompak dan memotivasi dirinya untuk lebih mengupgrade kemampuan diri, guru membutuhkan pelatihan, pendampingan kurikulum Merdeka belajar dan sarana dan prasarana perlu dilengkapi agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik.en_US
dc.subjectKurikulumen_US
dc.subjectMerdeka Belajaren_US
dc.subjectKinerja Sekolahen_US
dc.titleKINERJA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR (STUDI DI SMP NEGERI 5 SATU ATAP SITELLU TALI URANG JEHE PAKPAK BHARAT)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS JUNI MERY RIA MANULLANG - MMPT - 2120060113.pdf2.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.