Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24341
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAHATA PADANG, SABAR ANGGIAT-
dc.date.accessioned2024-06-29T07:22:14Z-
dc.date.available2024-06-29T07:22:14Z-
dc.date.issued2024-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24341-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMP Negeri 4 Kerajaan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru dan kepala SMP Negeri 4 Kerajaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) efektivitas perencanaan (planning) manajemen kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja sekolah, di mana kepala sekolah sudah merencanakan dan menyusun struktur organisasi, merencanakan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), membuat panduan Rencana Kerja Sekolah (RKS) berdasarkan kekhasan, kondisi, potensi sekolah, potensi daerah, sosial budaya masyarakat, dan kebutuhan peserta didik yang berisi semua kegiatan yang harus dikerjakan oleh guru; 2) efektivitas pengorganisasian (organizing) kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja sekolah di mana kepala sekolah menyusun tugas dan tanggung jawab guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang dikontrol melalui ketua. Kegiatan yang dilakukan pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) juga didukung sarana dan prasarana, namun sarana dan prasarana tersebut belum mendukung secara maksimal; 3)Efektivitas penggerakan (actuating) kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja sekolah di mana guru sudah mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, mampu menyediakan modul ajar, merancang media, memberikan penerapan model belajar yang inovatif serta menaati aturan yang berlaku; 4)efektivitas pengawasan (controlling) kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja di sekolah di mana pengawasan dilakukan secara rutin untuk mengamati kinerja setiap guru dan selalu melakukan evaluasi melalui supervisi pembelajaran serta menyelesaikan masalah dan kendala yang ada di sekolah.en_US
dc.subjectManajemenen_US
dc.subjectKepala Sekolahen_US
dc.subjectKinerja Sekolahen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH (STUDI DI SMP NEGERI 4 KERAJAAN KECAMATAN KERAJAAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sidang Tesis Sabar A S Padang (1).docx15.14 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.