Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24330
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMANURUNG, RISTA-
dc.date.accessioned2024-06-29T04:29:43Z-
dc.date.available2024-06-29T04:29:43Z-
dc.date.issued2023-09-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24330-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di Desa Hatinggian. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1).Untuk menganalisis saluran pemasaran bawang merah varietas batu ijo di Desa Hatinggian, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba. 2). Untuk menganalisis shere margin pemasaran bawang merah varietas batu ijo di daerah penelitian. 3). Untuk menganalisis efesiensi pemasaran bawang merah varietas batu ijo di daerah penelitian. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara vorposive. Sampel petani dalam penelitan ini sebanyak 30 orang, sampel pedagang pengumpul sebanyak sebanyak 3 orang dan sampel pedagang pengecer sebanyak 5 orang. Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara sensus. Metode analisis data untuk rumusan masalah pertama di analisis dengan analisis deskriptif, rumusan masalah kedua dianalisis dengan metode share margin dan rumusan masalah ketiga dianalisis dengan rumus total biaya pemasaran dibagi harga beli konsumen akhir dikali 100%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran dan share margin pada saluran I sebesar 75% dan saluran pemasaran II sebesar 80%, kemudian nilai efesiensi saluran pemasaran I adalah 5,2% dan saluran pemasaran II 4,34% menunjukan lebih efesien saluran ke II karena (5,2 < 4,34)en_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.subjectShare Marginen_US
dc.subjectEfisiensi Pemasaranen_US
dc.titleANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH VARIETAS BATU IJO DI DESA HATINGGIAN KECAMATAN LUMBAN JULU KABUPATEN TOBAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi rista manurung.pdfFull Text1.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.