Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24283
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIREGAR, CHAIRUMAN SALLY-
dc.date.accessioned2024-06-28T09:25:34Z-
dc.date.available2024-06-28T09:25:34Z-
dc.date.issued2024-02-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24283-
dc.description.abstractAnak berkebutuhan khusus (ABK) secara umum dapat diartikan sebagai anak yang secara signifikan dalam pertumbuhannya mengalami perbedaan dengan anak yang normal. Berdasarkan hal diatas rumusan masalah Penelitian ini adalah : 1. Untuk menganalisis efektivitas pelayanan sosial kepada anak berkebutuhan khusus Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Medan, 2.Untuk mengetahui hambatan pelayanan sosial kepada anak berkebutuhan khusus Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Medan. Tujuan dalam Penelitian ini adalah : 1.Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan efektifitas pelayanan sosial bagi anak berkebutuhan khsusus, 2.Agar masyarakat mengetahui pentingnya pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus.Metode Penelitian yang digunakan adalah kwalitatif deskriftif. Adapun subjek penelitian adalah informen, dan objeknya adalah Anak berkebutuhan khusus (murid yang diasuh ) di YPAC ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara. Hasil dari Penelitian iniperlunya pelayanan sosial yang terintegrasi antara orang tua, guru dan pihak Yayasan (termasuk dokter, teraphis dan phsycolog) dalam membimbing anak-anak berkebutuhan khusus agar dapat diterima masyarakat dan mempunyai masa depan dan pribadi yang lebih baik. ABK atau anak dengan kebutuhan khusus memerlukan perhatian lebih dikarenakan mereka memiliki keterbatasan dan kekurangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anak berkebutuhan khusus juga diharuskan untuk menempuh pendidikan sehingga dapat mencari potensi yang dimiliki oleh ABK tersebut. Anak berkebutuhan khusus terdapat beberapa macam diantaranya ialah Tunagrahita yaitu anak yang mengalami keterlambatan pada masa pertumbuhan; Tunanetra yaitu anak yang mengalami kekurangan pada indra penglihatan; Tunarungu yaitu anak yang mengalami kekurangan pada indra pendengaran; kemudian anak-anak yang memiliki kekurangan bersosialisasi dikarenakan tidak stabilnya emosi disebut sebagai Tunalaras; Tunadaksa yaitu anak yang memiliki kekurangan cacat ditubuhnya; Autisme yaitu anak yang mengalami gangguan sistem syaraf, dimana gangguan ini menimbulkan gangguan pada interaksi sosial, komunikasi serta berperilakuknya.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectpelayanan sosialen_US
dc.subjectdisabilitasen_US
dc.subjectBimbinganen_US
dc.titleEFEKTIFITAS PELAYANAN SOSIAL KEPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PENDIDIKAN ANAK CACAT (YPAC) MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Social Welfare Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CHAIRUMAN SALLY SIREGAR .pdf1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.