Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24213
Title: 0KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJAMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL
Authors: SUZANNA, ERNI
Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah;MBS
Issue Date: 6-Mar-2024
Abstract: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Gunung Meriah Aceh Singkil. dimana jenis penelitian ini penelitian kualitatif serta tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negri 2 Gunung Meriah Aceh Singkil sudah memenuhi karakteristik sebagai seorang kepala sekolah dengan mampu memimpin bawahannya dengan baik, kepala sekolah sanggup mendayakan sekolah sumber daya yang ada di sekolah. Melalui perencanaan Kepala sekolah SMP Negri 2 Gunung Meriah Aceh Singkil dalam menerapkan MBS terbilang sukses, terutama dalam bidang manajemen keuangan dan manajemen hubungan masyarakat. Kepala sekolah berusaha melaksanakan MBS secara efektif dan efesien sehingga tujuan sekolah dapat terlaksana. Dalam pelaksanaan penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Negri 2 Gunung Meriah Aceh Singkil terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung antar lain: a. Kondisi sekolah yang kondusif untuk melakukan proses pembelajaran. b. Kepercayaan dan animo masyarakat yang tinggi, khususnya orang tua dalam menyekolahkan putra putrinya di SMP Negri 2 Gunung Meriah Aceh Singkil. c. Hubungan antara sesama guru baik dan kompak serta hubungan dengan orang tua siswa juga baik, sehingga dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah dapat dilakukan dengan kerja sama. d. Adanya sarana prasarana yang memadai. Terciptanya hubungan yang baik antara sekolah dengan pengurus komite dalam usaha memajukan program sekolah.Pengevaluasian Manajemen Berbasis Sekolah pada SMP Negeri 2 Gumer berfungsi sebagai tolak ukur menentukan kebijakan SMP Negeri 2 Gumer di masa yang akan datang. Dari hasil evaluasi tersebut maka akan dapat diperoleh tingkat keberhasilan dan kegagalannya, sehingga dapat memperbaiki kinerja program yang akan datang. Di samping itu evaluasi juga sangat berguna sebagai bahan masukan bagi sekolah untuk merumuskan sasaran (tujuan) peningkatan manajemen berbasis sekolah untuk tahun yang akan datang
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24213
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ERNI SUZANNA.pdf1.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.