Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24209
Title: POLA MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SMA MUHAMMADIYAH GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL
Authors: SURIANI SANTRI, LAIRI
Keywords: Pola Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Inklusi
Issue Date: 6-Mar-2024
Abstract: Mengetahui pola manajemen kepala sekolah dalam pendidikan inklusi di SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil. dengan menggunakan metode penelitian kualitataif dan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkaan Perencanaan yaitu, terlebih dahulu menetapkan tujuan, menyusun struktur, merumuskan keadaan, mengelola SDM, dan pengembangan metode pembelajaran. Penerimaan peserta didik berdasarkan tingkat berkebutuhan khusus kategori rendah dan sedang. Dengan membawa surat rekomendasi dari psikolog dan rekomendasi dari SLB.Unsur pengorganisasian yaitu, Pembagian tugas yang harus dilakukan oleh kepala sekolah SMA Muhammadiyah setiap peserta untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan merupakan inti dari pendidikan inklusif. Dijelaskan bahwa organisasi tersebut meliputi (1) mengklasifikasikan kepada guru sesuai dengan kebutuhan peserta didik ke dalam kategori yang berbeda berdasarkan peraturan ABK, dan (2) meningkatkan kompetensi guru melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan persyaratan keahlian pendidik.Unsur pelaksanaan yaitu, Dalam melaksanakan pendidikan inklusif tentu kurikulum juga mempengaruhi proses pembelajaran. Disini kurikulum yang dipakai adalah K13 yang dimodifikasi untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Serta guru akan membuat RPP yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang berkebutuhan khusus. Selain kurikulum dan RPP interaksi antara guru dan peserta didik, peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus juga perlu diperhatikan. Guru memberikan interaksi yang intens terhadap anak berkebutuhan khusus. Evaluasi yaitu, Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana anak berkebutuhan khusus mampu bersekolah di sekolah reguler. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa setiap siswa berkebutuhan khusus akan dilakukan evaluasi berupa metode kognitif, affektif, psikomotor yang disesuaikan dengan anak bekebutuhan khusus.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24209
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS LAIRI SURIANI SANTRI.pdf1.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.