Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24132
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBerliansyah, Muhammad Rayyan-
dc.date.accessioned2024-06-25T10:28:40Z-
dc.date.available2024-06-25T10:28:40Z-
dc.date.issued2024-05-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24132-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Al-Masniari dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an, dampak implementasi metode Al-Masniari terhadap tahfidz al-Qur’an dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode Al-Masniari di Madrasah Aliyah Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif lapangan (field research). Penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kata-kata dan tindakan untuk memahami fenomena yang dialami objek penelitian yang alamiah atau pada konteks dari suatu keutuhan, dalam penelitian ini instrumennya adalah pembelajaran Alqur’an, sehingga jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa dengan adanya Metode menghafal Al-Masniari dikenal juga dengan istilah 3M, Yaitu; Menghafal, Menulis, dan Memahami. Implementasi metode ini terlihat mempermudah siswa dalam menghafal ayat-ayat al-Qur'an, tidak hanya sekedar hafal, tetapi mampu menuliskan serta memahami kandungan dan isi dari ayat yang dihafalnya, Selain kepada siswa, metode ini juga mempermudah guru pembimbing untuk memantau hafalan siswanya serta lebih mudah dalam membuat laporan perkembangan hafalan setiap siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectImpelmentasien_US
dc.subjectTahfidzen_US
dc.subjectMetode Al-Masniaren_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Tahfidz Dengan Menggunakan Metode Al-Masniari Di Madrasah Aliyah Yayasan Islamic Centre Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAYAN (FINAL)(1).pdf2.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.