Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24108
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Putri, Chikal Aulia | - |
dc.date.accessioned | 2024-06-25T09:12:55Z | - |
dc.date.available | 2024-06-25T09:12:55Z | - |
dc.date.issued | 2024-01-19 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24108 | - |
dc.description.abstract | Ruas jalan Patumbak Deli Serdang merupakan jalan kabupaten yang menghubungkan kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan banyak truk pengangkut pasir, trailer dan kendaraan berat lainnya yang melintas dijalan ini. Banyak truk dengan beban berlebih (overload) yang menyebabkan jalan yang dilalui cepat rusak dan tidak sesuai dengan umur rencana. Metode yang dalam penelitian ini adalah metode Bina Marga Manual Desain Perkerasaan Jalan Revisi 2017. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer dan skunder. Dari hasil Analisa data lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada ruas jalan pertahanan patumbak 1 – jalan pertahanan patumbak 2 kecamatan patumbak untuk kendaraan ringan dengan jumlah kendaraan sebanyak 1451 unit dan kendaraan berat dengan jumlah 276 unit dari data tersebut hasilkan perentase kendaraan ringan 76,47 %, dan kendaraan berat 23,53 %. Total LHR dari hasil Analisa kendaraan berjumlah 1727 kendaraan/hari/2 arah pada ruas jalan pertahanan patumbak 1 – jalan pertahanan patumbak 2 Dari hasil Analisa posisi kerusakan berada dijalur roda (wheel path)dimana ini menunjukan kerusakan akibat beban berlebih terhadap jalan dan dari analisa perhitungan factor lalu/lintas kendaraan diperoleh nilai ESAL 1.238 Kend/hari/2 arah serta dari perhitungan truck factor diperoleh nilai 6,4449 1, dimana nilai itu menunukan bahwa kondisi jalur Jalan Pertahanan Patumbak 1 sampai jalan Pertahanan Patumbak 2 mengalami beban berlebih. Dari analisa hasil kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Pertahanan Patumbak 1 sampai jalan Patumbak 2 terdapat 4 kerusakan ialah Kerusakan jenis amblas, shoving atau jembul, retak kulit buaya dan lubang. Yang di mana besar kerusakan jenis ambalas yaitu dengan lebar 10-30 cm, Panjang 5-70 cm dan tinggi 4 cm. Besar kerusakan jenis shoving atau jembul yaitu dengan lebar 30-50 cm, Panjang 70-100 cm, ringgi 3 cm. Besar kerusakan retak kulit buaya yaitu dengan lebar 70-100 cm, Panjang 100-150 cm, tinggi 0 cm. Dan terakhir besar keruskan jenis lubang yaitu dengan lebar 100-150 cn, Panjang 200-250 cm, tinggi 7,5 cm. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Perkerasan Lentur | en_US |
dc.subject | Truck Factor | en_US |
dc.subject | Bina Marga | en_US |
dc.title | Analisis Beban Kendaraan Kerusakan Perkerasan Lentur (Aspal) Di Jl. Patumbak Kecamatan Patumbak | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TUGAS AKHIR CHIKAL AULIA PUTRI 1907210024 TAHUN 2024.pdf | 4.35 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.