Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/240
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSinaga, Desi Hotmaida-
dc.date.accessioned2020-02-29T07:01:35Z-
dc.date.available2020-02-29T07:01:35Z-
dc.date.issued2019-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/240-
dc.description.abstractMelibatkan media dalam proses pembelajaran dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengefesienkan proses interaksi antara guru dan siswa. Media pembelajaran sangat membantu dalam peran kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan metode edutainment dan juga untuk mengetahui kualitas dari media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model desain penelitian nya menggunakan ADDIE yaitu analysis (analisi), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi/eksekusi), dan evaluation (evaluasi/umpan balik). Dikarenakan adanya keterbatasan waktu maka penelitian ini hanya sampai development (pengembangan). Di dalam proses pembelajaran, penggunaan media akan menjadi lebih efektif lagi apabila dibantu dengan menggunakan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang diprediksi dapat menarik perhatian siswa adalah metode edutainment. metode edutainment merupakan suatu cara untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan yang menjadikan anak dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran tanpa merasa bahwa mereka tengah belajar. Hasil dari penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi software Sparkol Videoscribe. Sparkol videoscribe adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah video animasi dengan tulis tangan. Media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti memenuhi kriteria layak dari segi ahli media dan ahli materi yang menilai media pembelajaran yang telah dikembangkan. nilai dari ahli media dengan nilai adalah 4,05 dan dua orang ahli materi adalah 4,3 dan 4,4 pada skala 5. Tes hasil belajar menunjukkan persentase ketuntasan siswa sebesar 83% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” yang berada pada kisaran 80% - 100%.en_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectSparkol Videoscribeen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Untuk Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Metode Edutainment Pada Siswa Smp Muhammadiyah 03 Tanjung Sari T.P.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.