Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24077
Title: Peran Komunikasi Nonverbal Proksemik Dalam Memahami Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Melati Aisyiyah Tembung
Authors: Prayoga, Krisna Aditya
Keywords: Komunikasi Nonverbal;Proksemik;Anak Berkebutuhan Khusus
Issue Date: 30-May-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Komunikasi menjadi alat utama keberlangsungan hidup manusia dalam bermasyarakat. Komunikasi dalam hal ini mencakup dua komunikasi yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi bukan hanya dari lisan tetapi juga dari tatapan mata, gerak tubuh, isyarat tangan dan lain sebagainya atau biasa disebut dengan komunikasi nonverbal, komunikasi nonverbal itulah yang menjadi penguat dalam melakukan komunikasi. Ruang merupakan sebuah bentuk dari pesan nonverbal proksemik. Komunikasi nonverbal sendiri merupakan sebuah bentuk komunikasi lain di luar kata-kata verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi nonverbal proksemik dalam memahami bahasa pada anak berkebutuhan khusus di SLB Melati Aisyiyah Tembung. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang komunikasi nonverbal, Proksemik, bahasa, dan anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat berperan penting sebagai pembimbing yang berkontribusi besar untuk memastikan bahwa siswa berkebutuhan khusus tidak hanya berkembang secara akademis, tetapi juga secara emosional dan sosial, sehingga mereka dapat mencapai potensi penuh dalam semua aspek kehidupan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24077
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KRISNA ADITYA PRAYOGA.pdf6.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.