Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24008
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFARHAN, SYUHADA-
dc.date.accessioned2024-06-22T07:44:03Z-
dc.date.available2024-06-22T07:44:03Z-
dc.date.issued2024-04-26-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24008-
dc.description.abstractKonsep iklan yang menarik dengan menghubungkan produk dengan nuansa keindahan, kemajuan, kekayaan alam, kerja sama atau gotong-royong serta perbedaan pada Indonesia ditampilkan oleh Telkomsel. Dengan tema atau judul “semangat Indonesia”, per-tanggal 22 Maret 2024, iklan Telkomsel tersebut sudah dilihat dan disaksikan sebanyak 17,5 juta kali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna pesan yang terdapat pada setiap adegan (scene) iklan dan juga untuk mengetahui maksud pesan dan informasi yang ingin disampaikan Telkomsel kepada target pasarnya melalui iklannya yaitu Semangat Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika oleh Charles Sanders Peirce yang menggunakan teori segitiga makna atau teori triadic yang membagi data analisis menjadi tiga elemen yakni tanda (sign), objek (object), dan interpretan (interpretant). Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa makna dalam setiap adegan iklan Telkomsel semangat Indonesia adalah Indonesia memiliki semangatnya sendiri yaitu semangat pantang mundur, melewati berbagai halangan, bekerja sama, gotong-royong, dan saling membantu, bersatu dan tidak memandang adanya perbedaan. Telkomsel melalui iklan semangat Indonesia juga menyampaikan pesan atau informasi kepada target pemasarannya yakni Telkomsel akan terus berinovasi, menciptakan kebersamaan, membuka ruang demi masyarakat Indonesia, lebih peduli kepada masyarakat dan bangsa Indonesia, membantu pergerakan perekonomian Indonesia dan mengutamakan kemajuan bangsa Indonesia.en_US
dc.subjectIklan Telkomseen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectCharles Sanders Peirceen_US
dc.titleANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN TELKOMSEL SEMANGAT INDONESIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FARHAN SYUHADA.pdf4.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.