Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23994
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorARDININGTYAS, MESAYU-
dc.date.accessioned2024-06-22T03:58:34Z-
dc.date.available2024-06-22T03:58:34Z-
dc.date.issued2024-02-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23994-
dc.description.abstractPenelitian bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis augmented reality yang disebut dengan modul AR-Geo dengan model ADDIE pada materi Geometri 3D di SMA Negeri 3 Medan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul AR-Geo , dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakanmodul AR-Geo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode research and development (R&D) menggunakan ADDIE. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas XII IPS 1 SMAN 3 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 36 siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian modul AR-Geo oleh dosen ahli media dan materi, guru matematika, teman sejawat, tes kemampuan siswa dan angket respon siswa, serta tes kemampuan spasial siswa. Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan skor ahli materi sebesar 91, 53% dan skor ahli desain sebesar 90,53% tergolong kategori sangat valid. Modul juga telah dinyatakan praktis dilihat dari skor angket respon guru sebesar 80,00% tergolong kategori praktis, dan skor angket pada uji coba kelompok kecil sebesar 84,26% serta pada uji lapangan sebesar 84,38% tergolong kategori sangat praktis. Keefektifan ditunjukan dengan 83,33% siswa tuntas pada tes hasil belajar, dan hasil perhitungan N-Gain terdapat 17 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan spasial sedang dan 19 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan spasial tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis augmented reality untuk materi geometri 3D yang telah dikembangkan layak digunakanen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectgeometri 3Den_US
dc.subjectkemampuan spasial siswaen_US
dc.subjectmodulen_US
dc.subjectmodel ADDIEen_US
dc.titlePENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BASED GEOMETRY MODULE (AR–GEO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PADA PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI 3D DI SMA NEGERI 3 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS_MESAYU ARDININGTYAS 2120070010.pdf3.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.